Hampir Satu Jam Server Google Down, Kok Bisa?

December 15, 2020

Indonesia, Pada tanggal 14 Desember 2020 ini tepatnya pada hari senin, sebuah mesin pencarian ternama didunia yaitu Google mengalamin kendala pada Server-nya yaitu mengalami down atau tidak bisa di akses selama hampir satu jam pada malam hari di indonesia tepatnya sehabis magrib, akibat dari server google down ada beberapa platform yang terkena dampaknya yaitu Youtube, Google Docs, dan Gmail.

Pemadaman dimulai sesaat sebelum tengah hari waktu di Inggris, berlangsung lebih dari setengah jam sebelum layanan dipulihkan. Sedangkan di Indonesia tepatnya dari jam 18.30 wib sampai kurang lebih 20.30 wib Youtube, Gmail dan Google Docs tidak dapat diakses.

Tidak dapatnya diakses mengakibatkan para pengguna diseluruh dunia melaporkan hal tersebut mengenai masalah dengan Gmail, Google Drive, Android Play Store, Maps, dan lainnya. Tapi untuk Search Engine Google atau Mesin Pencarian Google tidak terpengaruh terhadap gangguan yang dialami oleh fitur-fitur google lainnya.

Untuk masalah yang dialami oleh google adalah pada sistem otentikasi, yang digunakan untuk masuk dan fungsi serupa, dan berlangsung sekitar 45 menit. Ada sedikit tips saat google mengalami masalah yaitu bisa di akses dengan browser mode penyamaran, sehingga tidak menyimpan log aktivitas browsing pengguna.

Untuk pengguna google docs masih bisa melakukan pekerjaan secara offline jika sebelumnya melakukan sinkron pada akun penggunanya.

Down nya server google juga mempengaruhi sebuah alat yang terhubung dengan smarthome dengan menggunakan google, membuat beberapa pengguna mengeluh di media sosial karena tidak dapat mematikan beberapa lampu di rumah mereka.

Selain itu banyak hal yang terpengaruh saat google tidak dapat di akses, misalnya game yang membutuhkah akses login dari google, ataupun aplikasi atau website yang membutuhkan akses dari google. 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan saat ini mengenai google yang tidak bisa dapat diakses salama beberapa menit, namun sekarang layanan google sudah kembali normal dan dapat di pergunakan lagi

Sumber : https://www.bbc.com/news/technology-55299779

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^