Untuk Kamu Para Gamer, Perhatikan 6 Tips Membeli Laptop Gaming ini! - BagasUnix
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untuk Kamu Para Gamer, Perhatikan 6 Tips Membeli Laptop Gaming ini!

Generate By AI

Bermain game menjadi salah satu aktivitas sebagian orang untuk melepas jenuh. Namun, beberapa di antaranya memilih menjadikannya sebagai profesi sehingga membutuhkan peralatan canggih. Nah, berikut beberapa tips membeli laptop gaming agar tidak salah pilih perangkat. 

Beberapa Tips Membeli Laptop Gaming

Saat ini jenis-jenis laptop sudah sangat bervariasi. Sebagian kalangan bahkan dapat membelinya dengan berbagai harga. Namun, sebelum menentukan pilihan, tentukanlah dulu spesifikasinya agar tidak salah pilih, terutama jika tujuannya untuk bermain game. Seperti:

1. Prosessor yang Digunakan

Meski kebanyakan laptop dijual dengan spesifikasi prosessor untuk pengerjaan ringan, ada baiknya menanyakan hal tersebut pada penjual atau mencari tahu dari internet. Untuk bermain game dibutuhkan performa yang terbaik agar tidak cepat panas dan macet. 

Penyedia prosessor terkenal ada dua yaitu, pertama, Intel. Untuk laptop gaming pilihlah minimal dengan spesifikasi Core i5. Sedangkan, kedua ialah AMD. Kamu dapat menggunakan seri A8, A10, dan FX agar mendapatkan performa terbaik saat bermain game.

2. Kartu Grafis atau VGA

Kartu grafis juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih laptop gaming karena berpengaruh pada kualitas gambar. Untuk game tertentu membutuhkan VGA yang bagus agar pemain tidak terganggi dengan tampilannya. 

Ada dua jenis VGA yang sering dipilih oleh pembeli yaitu AMD dan NVIDIA. Keduanya dapat dengan mudah dicari serta menawarkan harga terjangkau. Pemilihannya pun tergantung dengan kebutuhan serta kemampuan biaya Kamu. 

3. Media Penyimpanan

Disebabkan game berukuran tidak kecil maka pastikan laptop memiliki tempat penyimpanan yang mumpuni. Disarankan untuk memiliki storage minimal 500 GB hingha sebaiknya 1TB. Hal ini tentu akan memudahkan dalam menginstall ISO terbaru dari permainan favorit Kamu.

Ada dua jenis penyimpanan pada laptop yaitu HDD yang merupakan hardisk internal bawaan. Untuk bermain game jangan menggunakan kapasitas 250GB karena terlalu kecil. Selanjutnya ialah SDD sebagai storage internal dengan ukuran kecil namun memberikan performa cepat.

4. Ukuran RAM

Salah satu tips membeli laptop gaming tentu saja tentang ukuran RAM yang digunakan. Sebagai saran gunakanlah minimal 4GB bahkan lebih baik di atasnya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kemampuan laptop saat digunakan untuk bermain game. 

Pilihlah pula RAM yang dapat diupgrade atau memiliki slot tambahan. Sehingga kapan pun Kamu ingin menambahkannya tidak perlu membeli laptop kembali. Hal ini perlu untuk diketahui, maka tanyakanlah terlebih dahulu kepada peniual atau mencari tahu di internet. 

5. Daya Tahan Baterai

Baterai menjadi salah satu kelemahan dari laptop gaming karena biasanya tidak akan bertahan lebih dari dua jam. Beberapa orang menyarankan untuk melepaskannya saat digunakan sambil disambungkan listrik namun, itu dapat merusak motherboard jika terjadi pemadaman.

Pastikan memilih laptop gaming yang memiliki baterai dapat dilepas agar jika sudah tidak berfungsi sebagaimana harusnya dapat diganti baru. Dan, pastikan untuk menggunakan part asli dari pabriknya bukan abal-abal agar tidak merusak performa perangkat Kamu. 

6. Harga Laptop

Terakhir tentu harga laptop yang hendak dibeli. Pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan biaya. Karena sudah banyak perangkat gaming ini dengan harga terjangkau. Sedangkan, untuk kebutuhan tambahan seperti RAM, SSD dapat dibeli kemudian hari. 

Jika menghendaki harga lebih murah dapat membeli laptop gaming bekas, namun pastikan Kamu dapat mengecek sendiri performa dan spesifikasi dari perangkat. Disebabkan tidak semua barang second memiliki kualitas buruk sehingga dapat dijadikan opsi. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips membeli laptop gaming. Semoga dapat dijadikan referensi saat memilih perangkat untuk bermain game. Pastikan Kamu memiliki banyak informasi dan dapat menentukan biaya totalnya agar tidak membengkak. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Untuk Kamu Para Gamer, Perhatikan 6 Tips Membeli Laptop Gaming ini!"