Merasa Boros? Simak 5 Tips Tips Menabung Bagi Pelajar dan Mahasiswa Berikut

March 11, 2020
Tips Menabung Bagi Pelajar dan Mahasiswa
Menabung, Pelajar, Mahasiswa, BagasUnix - Bagi kawula muda yang masih belajar hidup mandiri dan menyisihkan uang saku untuk menabung, aktivitas tersebut ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Berikut adalah lima tips menabung bagi pelajar dan mahasiswa yang dapat dipraktekkan dengan mudah untuk mendapat tabungan yang fantastis.
Beberapa Tips Menabung Bagi Pelajar dan Mahasiswa
Boros dan gagal menabung seringkali menjadi sebuah momok bagi kaum muda. Hal ini juga terkadang menjadi pertanda bahwa Kamu belum siap untuk mengelola keuangan secara mandiri. Meski begitu, ada beberapa cara efektif dan sederhana yang bisa dicoba untuk membiasakan menyisihkan dana sejak dini.
1. Menggunakan Buku Harian Keuangan
Jika Kamu merasa uang saku terlalu cepat habis dan bingung kemana sebenarnya dana tersebut mengalir, cobalah untuk membuat buku harian keuangan. Jurnal ini berisi jumlah pemasukan awal dan diikuti oleh berbagai macam pengeluaran. Mulai dari nominal besar hingga kecil dan catatlah secara rutin.
Tidak perlu repot-repot menggunakan buku besar seperti pada kegiatan perakuntansian, Kamu cukup menggunakan buku kecil portabel atau bahkan manfaatkan saja aplikasi penyimpan tulisan (notes) di smartphone. Jangan lupa tulis tanggal dan keterangan pengeluaran uang secara spesifik dan sesuai.
2. Menyisihkan Dana di Awal Bulan
Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan sejumlah uang saat pertama kali menerima uang saku. Saat Kamu berniat untuk menabung sebesar 10% setiap bulannya, maka ketika mendapat kiriman uang dari orang tua sebesar satu juta rupiah, segera sisihkan Rp100.000 untuk tabungan.
Tanamkan di mindset bahwa 10% yang disisihkan adalah tabungan dan dana darurat. Hanya boleh dipakai apabila dalam keadaan mendesak. Disiplin juga terhadap diri sendiri bahwa hal-hal yang termasuk darurat hanyalah kasus tertentu seperti sakit, kecelakaan, dan lain-lain sesuai kriteriamu.
3. Memindahkan Uang
Alangkah baiknya ketika sudah berniat untuk menyisihkan sekian persen uang di awal bulan, pindahkanlah dana tersebut dari rekening Kamu dalam rangka memperketat kelonggaran dan menumbuhkan rasa disiplin menabung. Pindahkanlah ke tempat yang sekiranya sulit diambil dan diusik.
Salah satu alternatifnya adalah menggunakan cara tradisional, yaitu celengan. Kamu bisa coba beli celengan tanpa gembok dan menyisihkan uang setiap bulannya di sana. Hal ini akan sangat efektif mengingat butuh usaha berat ketika hendak mengambil cash dari celengan tersebut. Menarik bukan?
4. Menabung Setiap Hari
Tips menabung bagi pelajar dan mahasiswa berikutnya datang dari sebuah thread Twitter yang marak beredar, yaitu membiasakan diri untuk menabung setiap hari dengan jumlah uang sesuai tanggal hari itu. Terdengar ribet, namun jika konsisten dilakukan, Kamu akan mendapat hasil tabungan yang luar biasa!
Bagaimana caranya? Cobalah mulai menabung di tanggal 1 dengan nominal Rp.1.000, dilanjutkan tanggal 2 dengan jumlah Rp.2.000, begitu seterusnya hingga hari terakhir bulan tersebut Kamu akan menabung sebanyak Rp.30.000 atau Rp.31.000, bisa bayangkan berapa banyak dana yang terkumpul?
5. Membuat Pos Perencanaan Dana
Terakhir, ada satu cara yang bisa menjadi alternatif gerakan penghemeatan, yaitu dengan merancang pos pengeluaran dana di setiap awal bulan. Belilah buku kecil, kemudian buat beberapa tabel berbeda sesuai dengan kebutuhan Kamu. Contohnya, tabel “makan dan transport” atau “kebutuhan sekolah”.
Selanjutnya, isilah tabel-tabel tersebut secara detail beserta alokasi dananya. Misalnya, bisa isi bagian tabel “makan dan transport” dengan rencana pengeluaran dana makan tiga kali sehari beserta biaya ojek online pulang-pergi ke kampus atau sekolah. Kuncinya keberhasilannya, Kamu harus bertekad bulat!
Setelah menyimak lima tips menabung bagi pelajar dan mahasiswa yang mudah di atas, jangan lupa untuk langsung praktek dan konsisten! Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^