Liburan Menyenangkan dengan 11 Tips Traveling Bagi Mahasiswa Budget Terbatas

March 04, 2020

Tips Berlibur Bagi Mahasiswa Budget Terbatas

Travelling, Liburan, BagasUnix - Setiap hari menjali aktivitas perkuliahan selama satu semester penuh, tentunya liburan merupakan momen paling ditunggu untuk bersantai serta bersenang-senang. Namun bicara soal jalan-jalan, kini banyak tips traveling bagi mahasiswa yang seringkali terkendala karena budget.

Tips Traveling Menyenangkan Ala Mahasiswa

Mau pergi liburan tapi kantong lagi tipis? Kamu gak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips traveling ala mahasiswa yang hemat budget namun tetap menyenangkan:

1.  
Tentukan Tempat yang Ingin Dikunjungi

Langkah awal yang harus di lakukan sebelum pergi berlibur adalah menentukan tempat tujuan. Hal ini cukup penting agar Kamu bisa fokus untuk membuat perencanaan serta persiapan, agar sesuai budget  sehingga perjalanan dapat berjalan lancar.

2.  
Siapkan Budget

Sebelum pergi berlibur tentunya hal penting yang tidak boleh terlewatkan yakni mempersiapkan budget. Untuk itu, Kamu bisa membuat perencanaan besarnya kebutuhan biaya dan bagaimana cara mengumpulkan uang tersebut, misalkan dengan menabung atau mencari kerja part time.

3. 
Gunakan Transportasi Umum

Tips traveling ala mahasiswa yang identik dengan kantong tipis yakni, menggunakan alat transportasi umum saat jalan-jalan. Karena, biayanya lebih murah dibanding kendaraan pribadi atau dengan cara mencari tumpangan untuk menghemat budget.

4.  
Bawa Bekal dari Rumah

Salah satu tips traveling bagi mahasiswa agar menghemat biaya liburan yang bisa dilakukan yakni membawa bekal dari rumah, ternyata cara ini cukup ampuh untuk menekan pengeluaran. Jadi Kamu bisa berhemat karena tidak perlu membeli makanan saat diperjalanan.

5.  
Pilih Momen yang Tepat

Tips traveling lainnya yakni memilih waktu yang tepat, usahakan untuk tidak pergi disaat musim liburan. Karena, di momen seperti ini biasanya tempat-tempat wisata akan ramai pengunjung. Selain itu, tiket ataupun akomodasi lebih mahal, jadi sebaiknya pilih di tanggal-tanggal yang low season.

6.  
Carilah Tiket Promo Jauh-jauh Hari

Ingin liburan dengan budget lebih hemat, nah cara ini bisa Kamu lakukan yakni mencari tiket promo yang harganya sesuai dengan kondisi keuangan jauh-jauh hari. Agar tidak kehabisan karena tentunya hal itu menjadi incaran banyak orang.

7.  
Manfaatkan Relasi

Jika punya teman atau sodara yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi tujuan, hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya. Caranya, Kamu bisa minta bantuan untuk menginap di rumah mereka jadi lumayan tidak perlu mengeluarkan biaya hotel sama makan.

8.  
Pilih Penginapan Murah

Traveling ala mahasiswa tentunya tidak mengharuskan untuk tinggal di hotel berbintang yang mahal, karena Kamu bisa menginap di homestay atau hostel dimana harga sewanya lebih murah dan lokasinya bersih, sehingga tetap nyaman serta dekat dengan objek wisata. 

9.  
Beli Suvernir atau Oleh-oleh di Pasar

Pergi berlibur tanpa membeli suvenir untuk temat atau sodara tentu rasanya akan kurang lengkap. Nah, untuk menghemat biaya Kamu bisa mencari oleh-oleh di tempat yang menjual dengan harga miring seperti pasar, usahakan jangan membeli ditoko karena disana harganya tidak bisa ditawar.

10.
 
Tidak Perlu Beli Tapi Pinjam Saja Peralatan

Tentunya sebelum pergi traveling banyak perlengkapan yang harus disiapkan, terutama jika perjalanannya di alam bebas seperti mendaki dan menyelam. Untuk menghemat biaya Kamu tidak harus membelinya, lebih baik meminjam atau menyewa saja.

11.  
Tidak Perlu Pakai Tour Guide

Kini teknologi sudah canggih, jadi tips untuk menghemat biaya terutama bagi mahasiswa liburan tidak perlu pakai tour guide. Karena Kamu dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi yang lebih banyak serta lengkap mengenai objek wisata dan pastinya gratis.

Itulah beberapa tips traveling bagi mahasiswa dengan budget minim, namun perjalan liburan tetap berjalan lancar dan menyenangkan. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber inspirasi Kamu  yang sedang merencakan pergi untuk refreshing.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^