ART Pasien Pasien Depok Negatif Corona

March 03, 2020
ART Depok Negative Corona

Jakarta, BagasUnix - Di lansir pada CCN Indonesia bahwa ART atau pembantu di rumah pasien depok negative corona (Covid-19). Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyatakan dua orang yang tinggal serumah dengan dua pasien positif virus corona (covid-19) dinyatakan negatif.

Dua orang yang tinggal serumah ini yakni kaka salah satu pasien dan seorang asisten rumah tangga (ART).

Achmad Yurianto berkata di Kantor Staf Presiden "Kakak dan pembantunya sudah diperiksa, dua-duanya negatif tidak tertular." Jakarta, Senin (2/3)

Achmad juga mengatakan, bahwa si kakak tak pernah kontak terlalu dekat dengan dua pasien karena sibuk bekerja. Sementara si asisten rumah tangga juga disebut memiliki kesibukan sendiri.

"Jadi selama sakit kakaknya tidak begitu dekat kontaknya, pembantu juga punya kesibukan sendiri," katanya.

Selain memantau kondisi dua orang yang tinggal serumah, Achmad menyatakan akan terus memantau tempat tinggal dua pasien positif corona tersebut. Meski demikian, pihaknya tak bakal membersihkan lingkungan tempat tinggal kedua pasien yang ada di Depok, Jawa Barat, itu menggunakan desinfektan.

Achmad juga mengatakan bahwa virus itu hanya hidup pada inangnya, sama seperti benalu yang hanya hidup di pohon yang hidup. Kalau pohonnya mati, maka virus juga mati.

Pemasangan garis polisi atau police line di sekitar tinggal dua pasien itu di nilai berlebihan oleh Achmad. Diketahui telah dipasang dengan jarak 20 meter dari rumah pasien yang terpapar oleh corona.

"Itu yang saya bilang berlebihan. Kenapa sih kok sampai kayak gitu? Emangnya virus itu tahu itu garis polisi apa enggak. Entah kenapa sih berlebihan," tuturnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan keberadaan dua WNI yang positif corona. Dua WNI itu diduga terinfeksi setelah bertemu dengan seorang warga negara Jepang yang dinyatakan positif corona.

Kemungkinan mereka terinfeksi saat berdansa bersama WN Jepang yang berkunjung ke rumah ibu dan anak itu di Depok, Jawa Barat.

Sekarang kedua WNI itu sedang dirawat di RSPI Sulianto Suroso, Jakarta Utara.

RSPI Sulianti Saroso dipilih karena memiliki spesialisasi infeksi penyakit menular. Rumah sakit itu juga memiliki perawatan ruang isolasi yang lengkap.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200302222236-20-479924/kemenkes-pembantu-di-rumah-pasien-depok-negatif-corona

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^