5 Jurus Ampuh dan Tips Menjalankan Bisnis Sampingan bagi Mahasiswa

March 03, 2020
Jurus Ampuh dan Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa
Bisnis, Mahasiswa, BagasUnix - Profesi wirausaha saat ini kerap menjadi tren di kalangan anak muda, termasuk juga mahasiswa. Tak sedikit dari mereka yang mulai membuka bisnis kecil-kecilan sembari menyelesaikan kuliah. Jika Kamu juga ingin mencoba, ketahui dahulu apa saja tips menjalankan bisnis sampingan bagi mahasiswa.
Tips Menjalankan Bisnis Sampingan bagi Mahasiswa? Gimana Caranya?
Orang tua seringkali tidak percaya penuh kepada anaknya yang ingin menjalankan suatu usaha sambil berkuliah. Alasannya, takut kuliah tidak fokus dan jadi berantakan! Tapi jangan khawatir, ada lima kiat sukses yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan bisnis dan kuliah. Simak selengkapnya:
1. Jalankan yang Sesuai Passion
Tips pertama, pilih passionmu! Eits, tapi jangan memilih antara bisnis atau wirausaha. Tetap jalankan keduanya dengan baik, namun, Kamu perlu tahu jurusan atau program studi apa yang sebenarnya menjadi minat dan bakatmu selama ini. Hal ini penting untuk menjaga semangat dalam menuntut ilmu!
Berlaku juga ketika hendak memulai usaha sampingan. Carilah bisnis yang sesuai dengan hobi atau kesukaan. Jika memang lebih menyukai kuliner, Kamu boleh coba pilih salah satu makanan atau minuman populer. Jangan berbisnis hanya karena ikut-ikutan teman lain! Semua harus dijalani dari hati.
2. Ikhlas Berkorban Untuk Keduanya
Tidak ada orang sukses yang tidak berkorban. Begitu pula dengan seorang mahasiswa yang ingin sukses wirausaha serta tetap bisa mempertahankan performa belajar selama kuliah. Kamu harus rela berkorban untuk kedua hal ini. Kadangkala, harus ada aktivitas yang ternyata menyita waktu luang atau liburan.
Misalnya, ketika Kamu tidak sempat mengerjakan tugas-tugas kuliah di hari biasa, maka mau tidak-mau harus menggunakan hari libur atau Minggu untuk menyelesaikan seluruh PR yang terhambat. Malas adalah musuh utama. Harus senantiasa dilawan dan diredam. Cari cara untuk menumbuhkan semangat!
3. Cari Partner yang Cocok
Tips menjalankan bisnis sampingan bagi mahasiswa yang ketiga adalah tentang mencari kawan. Hal ini berlaku ketika menjalankan bisnis, maupun saat kuliah. Penting untuk mencari partner wirausaha yang mampu memahami kondisi perkuliahan Kamu. Pastikan ia sadar ada dua tanggungjawab di pundakmu.
Begitu juga di kelas saat kuliah, carilah teman kelompok yang mandiri dan tidak memberatkan, sehingga saat harus mengerjakan suatu projek bersama, mereka bisa menyelesaikan tugasnya masing-masing tanpa merecoki peranmu. Jangan sampai partner bisnis dan teman kuliah menjadi beban lagi
4. Mulai dari Bisnis Kecil
Saat memulai bisnis, tidak ada orang yang tidak ingin mendapat keuntungan besar. Namun, perlu disadari bahwa semua itu membutuhkan waktu dan proses panjang. Mulailah bisnis dari kecil. Jangan gunakan modal terlalu besar di awal. Pertahankan biaya yang ada dan putar terus hingga menjadi profit.
Sebagai contoh, jika Kamu suka dengan dunia fashion, cobalah terlebih dahulu untuk menjadi reseller atau dropshipper. Apabila sudah ketemu pola manajemen waktu dan keuangan yang tepat, mulai merambah dengan produksi kecil-kecilan secara mandiri hingga akhirnya bisa membuka toko sendiri!
5. Mental Baja, Anti Baper!
Tak semua perjalanan menuju kesuksesan itu indah. Terkadang ada hal-hal yang cukup membuat stress dan lelah dengan keadaan. Termasuk apabila tidak dapat mengikuti ritme pembelajaran kuliah dan berakibat pada nilai di kelas turun. Belum lagi jika ketahuan orang tua dan dimarahi. Apes rasanya!
Terlebih jika bisnis saat itu sedang surut-surutnya. Hati menjadi semakin kacau, otak pun sudah tak mampu diajak lari. Maka, satu-satunya jalan adalah tetap tenang dan kuat menghadapi situasi tersebut. Ingatlah bahwa di setiap kesulitan pasti akan ada titik terang dan hikmah yang bisa dipetik.
Sekarang, setelah mengetahui tips menjalankan bisnis sampingan bagi mahasiswa, apakah Kamu siap dengan segala resiko dan tantangannya? Selamat berbisnis ria!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^