Broadcast BBM Tentang Bahaya Sinar Kosmik Yang Melintasi Bumi Pada Malam Hari Ini - BagasUnix
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Broadcast BBM Tentang Bahaya Sinar Kosmik Yang Melintasi Bumi Pada Malam Hari Ini

Pesan Berantai BBM atau Broadcast BBM mengenai bahaya sinar kosmik pada tubuh manusia

Pada Tanggal 8 Maret 2016, tepatnya jam 11.30 PM, saya dikejutkan dengan broadcast BBM yang mengenai bahwa sinar kosmik akan melintasi bumi pada jam 00.30-03.30 dan di harapkan semua benda elektronik seperti hp, tv, laptop dan sebagainya dimatikan karna yang mengakibatkan radiasi tinggi yang merusak jaringan tubuh pada manusia.

Dan pada broadcast tersebut menyebutkan di Negara Singapur pun sudah mengumumkan kabar tersebut kepada warganya untuk mewaspadainya, untuk melindungi diri dari bahaya sinar Kosmik yang melintasi bumi. Dan inilah isi dari pesan tersebut :
Malam ini 00.30-03.30 pastikan untuk mematika telepon: TV Singapur telah mengumumkan berita. Tolong selepas baca ini, lindungi diri anda. Beritahukan Kerabat terkasih dan teman-teman. Hari ini malam dari 12.30-03.30, berbahaya, radiasi yang tinggi, sinar kosmik akan melewati deket dengan bumi. Jadi matikan ponsel anda. Jangan biarkan ponsel anda dekat dengan tubuh anda, dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. SIlahkan cek Google NASA dan BBC News. Menebarkan pesan ini kepada yang kalian peduli. Src:spaceweather.com
Kurang lebihnya broadcast yang saya dapet dari BBM kaya yang diatas. Sebuah broadcast BBM yang sama percis dengan yang broadcast sekarang, pernah ditanyakan oleh seseorang dari sosial media tersbut pada Agustus 2011 yang lalu. Dan juga isi pesannya hampir sama seperti pesan sekarang yang harus kita lakukan untuk mematikan telepon dan TV pada 00:30-03:30, dan ada yang janggal dari pesan tersebut yaitu tidak dicantumkan tahun, bulan dan tanggalnya.

Saya baca artikel di semutinfo.com bahwa broadcast bbm atau pesan berantai tersebut adalah hoax atau tidak benar kejadiannya dan menurut detik.com : bertanya kepada Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Y. Yatini. Dalam makalah ilmiah Clara yang berjudul 'Analisa Penurunan Intensitas Sinar Kosmik' dijelaskan bumi setiap saat dihujani oleh atom-atom yang terionisasi dan partikel subatomik lain yang disebut sebagai sinar kosmik.

Sinar kosmik terdiri dari partikel-partikel yang berenergi tinggi dan dibagi menjadi dua komponen yaitu partikel-partikel yang  berasal  dari  luar matahari dan  yang  berasal  dari matahari. 

Soal broadcast tersebut menurut Clara mengatakan bahwa pesan berantai tersebut adalah Hoax. Mengapa dia berkata itu Hoax? karena bumi dilapisi oleh Magnetosfer yang bisa melindungi bumi dari sinak Kosmik. Magnetosfer yaitu lapisan medan magnet yang menyelubungi benda angkasa. Magnetosfer ini menjangkau ribuan kilometer ke antariksa. Fungsinya di antara lain melindungi bumi dari puncak badai matahari yang disebut bisa menghancurkan bumi, menahan radiasi dan membelokkan partikel-partikel bermuatan serta angin matahari yang dapat membahayakan aktivitas manusia. 

Kesimpulan semuanya adalah pesan berantai atau broadcast bbm tersebut adalah tidak benar atau hoax

Post a Comment for "Broadcast BBM Tentang Bahaya Sinar Kosmik Yang Melintasi Bumi Pada Malam Hari Ini"