Pengertian DoS dan DDoS

September 08, 2015

BagasUnix - Oke.. mungkin kali ini saya akan membahas serangan yang sering di lakukan oleh para Attacker Website yang disebut DDoS, mungkin bagi yang pernah bermain di dunia Cyber tidak akan asing. Namun saya tidak akan hanya membahas DDoS saja tapi DoS pun akan di bahas disini :D


Pengertian DoS (Denial Of Service)


Yang pertama yaitu DoS, Apa itu DoS? itulah pasti pertanyaan pertama yang ada dibenak/pikiran kalian. DoS itu sendiri singkatan dari Denial Of Service. DoS adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut hingga komputer tersebut tidak dapat berjalan dengan benar sesuai fungsinya, sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

Gimana para Attacker Website ini melakukan serangannya dengan DoS? Dalam sebuah serangan DoS, para penyerang akan mencoba untuk mencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:
Ttraffic Flooding adalah membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan.
Request Flooding adalah membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut.
Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.
Bentuk serangan Denial of Service awal adalah serangan SYN Flooding Attack, yang pertama kali muncul pada tahun 1996 dan mengeksploitasi terhadap kelemahan yang terdapat di dalam protokol Transmission Control Protocol (TCP). Serangan-serangan lainnya akhirnya dikembangkan untuk mengeksploitasi kelemahan yang terdapat di dalam sistem operasi, layanan jaringan atau aplikasi untuk menjadikan sistem, layanan jaringan, atau aplikasi tersebut tidak dapat melayani pengguna, atau bahkan mengalami crash. Beberapa tool yang digunakan untuk melakukan serangan DoS pun banyak dikembangkan setelah itu (bahkan beberapa tool dapat diperoleh secara bebas), termasuk di antaranya Bonk, LAND, Smurf, Snork, WinNuke, dan Teardrop.

Meskipun demikian, serangan terhadap TCP merupakan serangan DoS yang sering dilakukan. Hal ini disebabkan karena jenis serangan lainnya (seperti halnya memenuhi ruangan hard disk dalam sistem, mengunci salah seorang akun pengguna yang valid, atau memodifikasi tabel routing dalam sebuah router) membutuhkan penetrasi jaringan terlebih dahulu, yang kemungkinan penetrasinya kecil, apalagi jika sistem jaringan tersebut telah diperkuat.

Penjelasan gampangnya itu seperti: Suatu ketika hp sobat ada yang telpon. Sebelum sobat sempat menggangkatnya hp sobat telah berhenti berbunyi. Tiba-tiba hp sobat berbunyi lagi tanpa sempat mengangkat lagi dan seterusnya sehingga teman sobat yang ingin menelpon sobat jadi terhalang akibat dari telpon yang terus menerus tidak sempat sobat mengangkatnya. itu adalah gambaran DoS di dunia nyata

Biasanya penyerangan DoS dilakukan oleh para hacker untuk melumpuhkan target mereka sampai down atau kelebihan muatan, walaupun serangan ini bisa di hindari tapi kemungkinan kecil banget....


Pengertian DDoS


Apa Itu DDoS?  DDoS dari singkatan Distributed Denial of Service, DDoS sendiri adalah salah satu jenis serangan Denial of Service yang menggunakan banyak host penyerang, karna biasanya yang diserang adalah web-web besar seperti server-server ISP, Internet Banking, E-commerce, Web perusahaan, dan pemerintah.

Semakin banyak zombie yang dikuasai seorang penyerang, semakin berkuasalah sang hacker tersebut karena besarnya tenaga yang ia genggam. Dengan tenaga besar yang dikumpulkan dari komputer-komputer yang dikuasai (secara ilegal tentunya) tersebut, serangan DDoS hampir tidak dapat ditangkal. Karena itulah serangan tipe ini sangat populer di kalangan hacker.

Alat-alat yang saya tau sering di pake untuk DDoS adalah
Gimana dah pada tau kan sekarang Pengertian Tentang DoS dan DDoS? :D
Makasih telah membacanya ^_^

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Mohon berkomentar yang relavan dan tidak menaruh link hidup yah ^_^